Mahasiswa S3 Manajemen Pendidikan Unpak Nikmati Hidangan Sop Dua Profesor, Apa Hikmahnya?

Menikmati hidangan bagi banyak orang pasti menggairahkan, bahkan mampu mengubah mood. Hidangan pula yang sering memperpanjang motivasi dan ketekunan. Realitas itulah yang dirasakan 19 mahasiswa S3 Program Doktor Manajemen Pendidikan Sekolah Pascasarjana Universitas pakuan (Unpak) kelas kerjasama Unindra saat menikmati hidangan malam dalam lanjutan bimbingan disertasi bersama di Bogor (11/2/2023).

 

Setelah seharian digempur untuk mengerjakan disertasi, para mahasiswa S3 pun menikmati hidangan sop iga khas “dua profesor” yang luar biasa. Bukan hanya nikmat namun dilahap dalam suasana kebersamaan. Hal yang paling langka terjadi, di mana ada mahasiswa bisa menikmati hidangan malam khas “dua profesor” yaitu Prof. Dr. Ing. Soewarto Hardhienata dan Prof. Dr. Sri Setyaningsih, M.Si yang sekaligus bertindak sebagai instruktur dalam kegiatan akademis ini.

 

Dari sop iga “dua profesor” yang guru besar Unpak ini, mahasiswa belajar tentang betapa lezatnya hidangan malam manakala tersaji dengan lembut dan penuh cinta. Hidangan yang tersaji bukan karena mahal murahnya. Tapi karena disantap dengan senang hati. Begitu pula disertasi, bukan soal kelar tidak kelar tapi prosesnya dijalani dan dinikmati. Hingga nantinya, memberi kenangan dan jalan cerita sendiri saat mampu diselesaikan, saat mampu meraih gelar Doktor Manajemen Pendidikan.

 

Kegiatan bimbingan bersama penulisan disertasi mahasiswa S3 MP Pascasarjana Unpak kelas Unindra ini bertujuan untuk membimbing penyelesaian disertasi dalam waktu yang tidak terlalu lama secara bersama-sama. Untuk mempersiapkan dokumen usulan judul disertasi yang terdiri dari: 1) Ujian Kualifikasi Disertasi dan 2) Ujian Proposal Disertasi. Sehingga nantinya, setiap mahasiswa dapat segera melakukan ujian kualifikasi dan proposal serta mampu selesai tepat waktu. Adalah kebanggaan bagi mahasiswa karena Prodi S3 Manajemen Pendidikan Pascasarjana Unpak merupakan prodi dengan akreditasi “Unggul” dan merupakan satu-satunya prodi S3 Manajemen Pendidikan universitas swasta di Indonesia yang mendapat akreditasi unggul.

Inilah sisi lain perjuangan mahasiswa S3 Manajemen Pendidikan dalam menulis disertasi. Selalu ada proses yang harus dijalani seperti menikmati hidangan malam sop iga “dua profesor” yang luar biasa. Sebagai cara untuk menghargai arti kehidupan dan waktu yang dikarunai Allah SWT. Bahwa Allah SWT selalu memberikan segalanya untuk hamba-Nya. Layaknya seorang ayah yang menyediakan sandang pangan anak-anaknya. Layaknya seorang dosen membimbing mahasiswanya. Hidangan malam yang patut disyukuri, karena treat your food with respect and love. Maka Tuhan dan alam semesta akan memudahakn urusan kita.

 

Mahasiswa S3 Manajemen Pendidikan Pascasarjana Unpak terus belajar. Untuk terus berproses, terus memperbaiki diri dari waktu ke waktu. Hingga kelak, ilmuanya bermanfaat bagi banyak orang. Dan dari cerita ini, mahasiswa pun “dipanggil” hatinya untuk perlahan memperbaharui cara pandang tentang makanan, sambil tetap komit tuntaskan disertasi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *