Pengurus Forum TBM Gelar Rakor tahun 2023, Fokus Sinergi Pengelola Taman Bacaan

Berbekal semangat untuk memfasilitasi dan mengembangkan sumber daya Forum TBM yang meliputi tata organisasi, sarana prasarana, koleksi, dan kapasitas pengelola/pegiat Taman Bacaan Masyarakat (TBM), Pengurus Pusat Forum TBM menggelar Rapat Koordinasi tahun 2023. Dipimpin langsung oleh Opik (Ketua Umum) dan Heni Wardatur Rohmah (Sekjen), rakor yang berlangsung selama 3 hari via zoom meeting ini dihadiri para pengurus dari bidang 1) Pengembangan Organisasi dan SDM, 2) Informasi, Komunikasi dan Litbang, dan 3) Bidang Kemitraan dan Program.

 

Berbagai program kerja dari masing-masing bidang dan diskusi dilakukan untuk terus meningkatkan kapasitas Forum TBM sebagai organisasi. Berbagai kerjasama rintisan bersama Kemenko PMK RI dan Perpusnas RI pun menjadi prioritas,, di samping tetap mengoptimalkan program kerja yang sudah berjalan seperti Aku, Buku, dan TBM, Kabar TBM, Sorot TBM, dan pendataan keanggotaan Forum TBM.

 

“Rapat koordinasi ini dilakukan untuk mengharmonisasikan aktivitas dan gerak langkah Forum TBM yang nantinya dapat diikuti pengurus wilayah dan pengurus daerah. Sekaligus memperkuat eksistensi TBM di mana pun. Sebagai organisasi nirlaba dan wadah pendiri dan pengelola taman bacaan masyarakat, Forum TBM memang perlu bersama-sama melakukan ikhtiar memperkuat gerakan literasi yang ada di berbagai daerah di Indonesia” ujar Opik dalam rapat koordinasi malam ini (17/02/2023).

 

Hadirnya Forum TBM pada akhirnya harus mampu memperkuat jalur literasi untuk menciptakan masyarakat Indonesia yang berdaya, tangguh, mandiri, dan sejahtera. Tentu, melalui aktivitas dan kolaborasi yang berlangsung di taman bacaan.

 

Melalui rapat koordinasi ini, harapannya Forum TBM dapat mengoptimalkan peran TBM dalam mengembangkan kecakapan literasi yang berdampak pada peningkatan mutu sumber daya manusia, di samping memperluas kerja sama antar TBM dan pemangku kepentingan sambil tetap memelihara semangat kerja dan nilai-nilai luhur pengabdian TBM terhadap masyarakat. Salam literasi #ForumTBM #TamanBacaanMasyarakat #RakorForumTBM

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *