Liburan Akhir Tahun, Lupa Masa Pensiun

Liburan akhir tahun telah tiba. Tapi jangan lupa masa pensiun. Karena yang paling enak, justru liburan di masa pensiun. Tinggal menikmati, tanpa dikejar-kejar beban kerja setelah liburan. Liburan jalan, pensiun tetap nyaman. Kerja yes, pensiun oke!

Pensiun itu fase kehidupan yang pasti akan dialami setiap orang. Masa pensiun buat pekerja adalah keniscayaan. Maka penting bagi siapapun untuk mempersiapkan pensiun, sepenting merencanakan liburan. Karena pensiun tanpa dipersiapkan, bukan tidak mungkin malah memprihatinkan. Seperti survei yang menyebut 7 dari 10 pensiunan di Indonesia pada akhirnya mengalami masalah keuangan di hari tua.

Dari literatur yang saya baca, ternyata ada 3 (tiga) ketakutan pekerja di masa pensiun alias di hari tua. Yaitu 1) takut jautuh miskin alias tidak mampu membiayai hidupnya sendiri, 2) takut tidak punya daya beli di hari tua seperti waktu bekerja, dan 3) takut kualitas hidupnya menurun di masa pensiun, tidak sehebat saat masih bekerja. Bila ketiga itu terjadi, hampir bisa dipastikan di pensiunan stres dan “terpaksa” bergantung kepada anak-anaknya. Hingga jadi sebab menurunnya kondisi kesehatan. Post power syndrome …

Liburan akhir tahun jalan. Tapi jangan sampai lupa masa pensiun. Nah, salah satu cara untuk antisipasi dan mempersiapkan masa pensiun mulailah untuk menjadi peserta DPLK (Dana Pensiun Lembaga Keuangan). Dengan menyisihkan sebagian gaji sebagai iuran DPLK, nantinya diinvestasikan dalam jangka panjang hingga usia pensiun. Lalu manfaat pensiunnya diambil saat hari tua, insya Allah cukup buat liburan berkali-kali di masa pensiun.

Kenapa di DPLK? Karena DPLK adalah satu-satunya produk keuangan yang memang didedikasikan untuk mempersiapkan masa pensiun yang nyaman dan sejahtera. Siapapun yang jadi peserta DPLK pasti memperoleh 3 manfaat utama yaitu: 1) ada dana yang pasti di masa pensiun, 2) ada hasil investasi yang optimal selagi menjadi peserta, dan 3) mendapat insentif pajak saat manfaat pensiun dibayarkan. Maka untuk urusan hari tua atau masa pensiun, hanya DPLK yang paling cocok, bukan produk keuangan lainnya.

Dari waktu ke waktu, biaya hidup semakin tinggi. Inflasi terus membengkak. Usia harapan hidup pun makin panjang. Liburan makin sering, gaya hidup makin melangit. Sayang saja, bila tidak diimbangi dengan keberanian menabung untuk hari tua atau masa pensiun. Agar tidak merana di hari tua, agar tidak tergantung kepada anak atau keluarga.

Liburan sangat penting tapi mempersiapkan masa pensiun juga tidak kalah penting. Liburan atau pensiun, kalau bukan kita mau siapa lagi yang pedulikan? Selamat liburan, selamat siapkan masa pensiun. Salam #YukSiapkanPensiun #EdukasiDPLK #DanaPensiun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *