Komunitas Young On Top Aksi Sosial “Learn & Fun” di TBM Lentera Pustaka

Bertajuk “YOTeach YOFun”, 25 generasi muda Komunitas Young On Top (YOT) Bogor hari ini menggelar aksi sosial bersama 60 anak-anak pembaca aktif TBM Lentera Pustaka di kaki Gunung Salak Bogor (21/1/2024). Aktivitas sosial ini sekaligus menjadi bukti kepedulian sosial generasi muda untuk masa depan bangsa Indonesia yang lebih baik. Ikut hadir Yuni Pertiwi dari YOT Pusat dan diterima langsung oleh Syarifudin Yunus, Pendiri TBM Lentera Pustaka.

 

Melalui kegiatan sosial ini, Komunitas Young On Top mengimplementasikan visi besarnya untuk menciptakan generasi penerus Indonesia yang lebih kuat. Sehingga misi untuk menginspirasi lebih banyak generasi muda mencapai kesuksesan di usia muda dapat tercapai. Bersama anak-anak pembaca aktif TBM Lentera Pustaka, Komunitas YOT mengajarkan “bangun ruang” sambil bermain bersama sekaligus memotivasi anak-anak usia sekolah memiliki cita-cita tinggi melalui buku bacaan. Kiprah Komunitas YOT ini pun menjadi bukti generasi muda Indonesia yang kuat dan positif serta berkontribusi kepada masyarakat dan program pembangunan berkelanjutan.

 

“Komunitas Young on Top senang dapat berkegiatan sosial di TBM Lentera Pustaka. Sebagai komunitas anak muda, kami memandang kegemaran membaca sangat penting digalakkan di anak-anak Indonesia. Seru dan fun banget kita berada di taman bacaan ini” ujar Yuni Pertiwi dari Young On Top didampingi Sabda (Ketua Panitia Aksi Sosial YOT Bogor) di TBM Lentera Pustaka Bogor.

 

Berbekal motto ‘Learn & Share”, Young On Top (YOT) merupakan komunitas anak muda di seluruh Indonesia yang berawal dari sebuah buku yang ditulis oleh Billy Boen dan telah berkembang menjadi sebuah Perusahaan, di samping memiliki lebih dari 700.000 anggota. YOT Inspirasi Nusantara dipimpin oleh Andy F. Noya sebagai Presiden Komisaris dan Billy Boen sebagai Presiden Direktur. Harapannya, aksi sosial YOT di TBM Lentera Pustaka ini dapat berlanjut di masa mendatang.

Untuk diketahui, TBM Lentera Pustaka saat ini dikenal sebagai taman bacaan yang konprehensif di Indonesia. Setelah beroperasi 6 tahun, TBM Lentera Pustaka menjalankan program literasi seperti TABA (Taman Bacaan) dengan 100 anak usia sekolah, GEBERBURA (GErakan BERantas BUta aksaRA) dengan 9 warga belajar, KEPRA (Kelas PRAsekolah) dengan 40 anak usia prasekolah, YABI (YAtim BInaan) dengan 14 anak yatim yang disantuni dan 4 diantaranya dibeasiswai, JOMBI (JOMpo BInaan) dengan 12 jompo usia lanjut, TBM Ramah Difabel dengan 2 anak difabel, Koperasi SImpan Pinjam dengan 28 kaum ibu agar terhindar dari jeratan rentenir dan utang berbunga tinggi, DonBuk (Donasi Buku), RABU (RAjin menaBUng), dan MOBAKE (MOtor BAca KEliling). Tidak kurang 200 orang setiap minggunya menjadi pengguna layanan TBM Lentera Pustaka yang didukung oleh 12 wali baca dan relawan.

 

“Atas nama TBM Lentera Pustaka, saya berterima kasih dan apresiasi atas aksi sosial Komunitas Young On Top, generasi muda yang peduli terhadap gerakan literasi dan taman bacaan. Kolaborasi antara anak muda dan taman bacaan seperti harus tersu dilakukan. Kolaborasi untuk kepedulian sosial ” kata Syarifudin Yunus, Pendiri TBM Lentera Pustaka.

 

Aksi sosial Young On Top ini sekaligus jadi bukti pentingnya kolaborasi komunitas anak muda dan taman bacaan di Indonesia. Karena dengan kolaborasi, kita dapat “menapaki jalan gelap menjadi lebih terang dalam nuansa kepedulian”. Salam literasi #YoungOnTop #TamanBacaan #BacaBukanMaen #TBMLenteraPustaka

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *