Kolaborasi adalah Koentji, Pemantik Aktivitas Tridharma Dosen 7 PT di Indonesia

Kolaborasi adalah koentji

Dosen-dosen dari tujuh perguruan tinggi (PT) dalam Forum Lintas Manajemen Indonesia (FORLIMA) menggelar kegiatan Tridharma secara berkelanjutan bertajuk “Kolaborasi adalah Koentji”. Universitas Padjadjaran (Unpad), Universitas Pakuan (Unpak), Universitas Ibn. Khaldun (UIKA), Universitas Galuh (Unigal), Universitas Widyatama, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesian Banking School (STIE IBS) Jakarta, dan Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatulah Jakarta berbakti di SD Kesatuan Bogor, SMA YRM Cihawar Ciamis, SMPN 1 Kemang Bogor, Pesantren Islam Internasional Al-Andalus Bogor dan STT IKAT Jakarta.

 

Kolaborasi adalah Koentji menjadi momentum kesadaran pentingnya kolaborasi para dosen di era digital. Koentji, singkatan dari Komitmen Untuk Kemajuan Indonesia. Sebuah komitmen untuk memajukan Indonesia tanpa memadang perbedaan ras, agama, suku, dan golongan.

“Kita sudah mulai dengan kolaborasi di dalam negeri, dan selanjutnya kita berkolaborasi antar bangsa” ujar Kurniawan Saefullah, SE,. M.Ec., Ph.D, Wakil Dekan II Fak. Ekonomi dan Bisnis Unpad sekaligus penggagas kolaborasi antar dosen PT ini.

 

FORLIMA merupakan forum yang terbentuk dari kegiatan hibah peningkatan Program Studi Manajemen dan Administrasi/Manajemen Pendidikan tahun 2019. Melalui deklarasi Bogor (27/7/2022) bertekad untuk berkolaborasi dalam seminar nasional dan internasional, penerbitan Jurnal Nasional Lintas Manajemen,  Penerbitan International Journal of Critical Management Studies, Pengabdian kepada Masyarakat (Nasional dan Internasional), Penerbitan Book Chapter dan Kegiatan Visiting Professor.

 

Kegiatan Kolaborasi adalah Koentji digelar seperti Pekan Safari Abdimas, 5 kali. Diawali di SD Kesatuan Bogor (5/8/2022) melalui webinar Pendidikan. Dibuka oleh Linawati, S.Pd (Kepsek SD Kesatuan) dan dimoderatori Ernawati, S.Pd (Waka Kesiswaan SD Kesatuan) dengan pemateri Prof. Dr. Hj. Indupunahayu, MM., Ak, CA (Kaprodi Magister Manajemen Universitas Ibn Khaldun), Dr. Rita Komala Dewi, SP,. MM (Kaprodi Magister Ilmu Manajemen Universitas Padjajaran), dan  Dr. Rais Hidayat, M.Pd (Kaprodi Magister Administrasi Pendidikan Universitas Pakuan).

Kegiatan kedua (6/8/2022) dilaksanakan webinar di Yayasan Raudlatul Muta’alimien Cihawar, SMA YRM Cihawar, Ciamis yang dibuka oleh Angga Syarif Nurhidayat, S.Pd (Kepala SMA YRM Cihawar) dan Hj. Elis Atik Ruslia, MM (Pengawas Pembina SMA Disdik Kab. Ciamis). Dipandu moderator Stravial Fawaqa, S.Sos (Mhs Prodi Administrasi Pendidikan Unpak) dengan narasumber Dr. Yuyun Elizabeth Patras, M.Pd (Pelatih Ahli PSP Kemendikbud dan Dosen Unpak), Dr. H, Sulaeman Rahman Nidar, S.E., MBA (KaDept Manajemen dan Bisnis FEB Unpad), dan Dr. Renea Shinta Aminda, SE. MM (Kepala LPMII UIKA Bogor.

Ketiga (8/8/2022) digelar webinar pendidikan nasional di SMPN 1 Kemang. Dipandu moderator Dr. Hj. Dini Kurniani, S.Pd., M.Pd (Kepala SMPN 1 Kemang/kepala sekolah penggerak) dengan narasumber Riyan Adi Putra, S.Hum, M.Hum (Dosen UIN Syarif Hidayatullah Jakarta), Dr. Rais Hidayat, M.Pd (Pelatih Ahli PSP, Kaprodi Administrasi Pendidikan SPs Unpak), dan Kurniawan Saefullah, SE,. M.Ec., Ph.D (Wakil Dekan II Fak. Ekonomi dan Bisnis Unpad). Kegiatan keempat (10/8/2022) dilaksanakan webinar nasional di Pesantren Islam Internasional Al-Andalus. Pemateri terdiri dari Dr. Amir Tengku Ramly, S.P., M.Si (Kapus Studi SDM UIKA Bogor), Dr. Farida Wulandari, M.Pd (Dosen Unpak dan Direktur Pendidikan Yayasan Islam Al-Hamidiyah), dan Dr. Antyo Pracoyo, S.E., M.Si (Dosen Indonesia Banking School Jakarta). Puncaknya kelima (12/8/2022) digelar webinar di Sekolah Tinggi Theologi Ikat. Dipandu moderator Dr. Donna Sampaleng, M.Pd.K., D.Th (Ketua II STT IKAT/Dir. LPPM STT IKAT) dengan pemateri Dr. Ir. Batara M. Simatupang, M.T., M.Phil., CIMBA (Senior Lecture Indonesia Banking School dan Kabid Perbankan Asosiasi Analisis Pasar Investasi dan Perbankan), Dr. Dian Wulandari, M.Pd (Kep. Pusat Pengembangan Karir dan Tracer Study Unpak), dan Kurniawan Saefullah S.E., M.Ec., Ph.D (Wadek II Fak. Ekonomi dan Bisnis Unpad).

 

Apresiasi terhadap kolaborasi adalah koentji disampaikan pakar dan praktisi pendidikan “Kegiatan kolaborasi ini  harus dilanjutkan karena berdampak pada kemajuan bangsa” tegas Dr. H, Sulaeman Rahman Nidar, S.E., MBA, Kadept. Manajemen dan Bisnis FEB Unpad. Hal senada dinyatakan oleh Prof. Dr. Hj. Indupunahayu, MM., Ak, CA  (Kaprodi Magister Manajemen Universitas Ibn Khaldun) bahwa kegiatan kolaborasi ini menyatukan keberagaman dan harus dipertahankan”

 

“STT IKAT merasa terhormat karena diajak oleh perguruan tinggi dan dosen hebat yang mau berbagi dan berkolaborasi” ujar Dr. Donna Sampaleng, M.Pd.K., D.Th. Seperti halnya disampaikan Direktur Pesantren Islam Internasional Al-Andalus, “Terima kasih kepada semua dosen, khususnya Unpak yang sudah mengajari kami berbagi dan berkolaborasi tanpa memandang perbedaan, kami sangat senang dengan kegiatan ini” papar KH. Nurdin, Lc, M.Pd.

 

Kolaborasi adalah koentji juga menjadi momen perguruan tinggi untuk Silih Asih (menyayangi) Silih Asah (mencerdaskan), dan Silih Asuh (melindungi).

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

/* */