Peduli Gerakan Literasi, Bank Sinarmas Lanjutkan Program CSR ke TBM Lentera Pustaka di Tahun 2023

CSR Bank Sinarmas

Sebagai realisasi tanggung jawab sosial dan komitmen terhadap gerakan literasi, PT. Bank Sinarmas Tbk. menyalurkan CSR (Corporate Social Responsibility) tahun 2023 ke Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Lentera Pustaka di Bogor. CSR Bank Sinarmas diwujudkan dalam bentuk 1) dukungan biaya operasional dan aktivitas literasi finansial dan 2) revitalisasi kebun baca sebagai tempat membaca buku outdoor yang nyaman. Kerjasama CSR Bank Sinarmas di TBM Lentera Pustaka ini merupakan program berkelanjutan dan memasuki tahun ke-4.

 

“Sebagai dukungan terhadap upaya menekan angka putus sekolah dan meningkatkan kegemaran membaca masyarakat, Bank Sinarmas ikut aktif membina Taman Bacaan Lentera Pustaka. CSR ini sudah berjalan 4 tahun untuk mendukung aktivitas taman bacaan dan literasi di Indonesia. Selain menjadi tempat edukasi literasi finansial secara konkret, dukungan CSR kami pun sangat bermanfaat kepada masyarakat dalam membangun kegemaran membaca anak-anak usia sekolah,” ujar Retno Tri Wulandari, Head of Corporate Secretary Bank Sinarmas dalam pernyataan tertulisnya (18/1/2023).

 

Atas kontribusi CSR di taman bacaan ini, tahun 2022 lalu, Bank Sinarmas berhasil meraih penghargaan Anugerah CSR dari IDX Channel kategori “Sosial Development Initiatives” atas program “Peduli Gerakan Literasi dan Taman Bacaan”. Selain itu, Retno Tri Wulandari (Head of Corporate Secretary Bank Sinarmas) pun dinonatkan sebagai “Bunda Literasi Swasta” dari TBM Lentera Pustaka dan mampu merealisasikan pembangunan rooftop baca lantai 2 sebagai tempat membaca yang menarik.

 

Melalui Kerjasama CSR ini, Bank Sinarmas akan menjadikan TBM Lentera Pustaka sebagai laboratorium literasi finansial dalam meningkatkan pengetahuan bidang keuangan dan perilaku menabung anak-anak dan masyarakat. Karena itu, setiap anak yang membaca diberikan “celengan” untuk rajin menabung, di samping memberikan pengalaman cara mengelola uang dengan bijak.

 

Syarifudin Yunus, Pendiri TBM Lentera Pustaka, sangat mengapresiasi atas kontribusi CSR Bank Sinarmas. Sehingga taman bacaan dapat menjalankan aktivitas literasi secara optimal. Saat ini TBM Lentera Pustaka telah mengelola 15 program literasi seperti taman bacaan, GEBERBURA (GErakan BERantas BUta aksaRA), KEPRA (Kelas PRAsekolah), YABI (YAtim BInaan), JOMBI (JOMpo BInaan), TBM Ramah Difabel, Koperasi Simpan Pinjam, MOBAKE (MOtor BAca KEliling), RABU (RAjin menaBUng), LITerasi DIGital, LITerasi FINansial, dan LIterasi ADAb. Tidak kurang dari 200 orang menjadi penerima layanan literasi TBM Lentera Pustaka setiap minggunya.

“Terus terang, kami sangat bersyukur dapat bermitra dengan Bank Sinarmas. Sehingga TBM Lentera Pustaka dapat berkiprah di literasi dan menebar giat memaca secara optimal. Kini kami melayani anak-anak dari 3 desa dan fasilitasnya didukung penuh oleh Bank Sinarmas. Kolaborasi taman bacaan dan CSR korporasi ini patut menjadi contoh dan sangat bermanfaat” kata Syarifudin Yunus di TBM Lentera Pustaka Bogor.

 

TBM Lentera Pustaka dikenal sebagai taman bacaan paling komprehensif di Indonesia. Terbukti pada tahun 2022 lalu mampu menggelar 31 event dengan melibatkan 22 komunitas, menerima donasi 3.552 buku dari 48 donatur, dan disukung 5 wali baca dan 12 relawan aktif. Catatan prestasi yang dicapai TBM Lentera Pustaka tahun 2022 antara lain: Program SAFAR RTV, Refleksi “Jalan Sunyi Pengabdian” DAAI TV, Liputan MOBAKE (MOtor BAca KEliling) di Jawa Pos DAAT TV, dan Narasumber literasi di berbagai media.

Mellaui kerjasama CSR tahun 2023 ini, Bank Sinarmas dan TBM Lentera Pustaka bertekad untuk terus meningkatkan kegemaran membaca masyarakat di tengah era digital. Agar Indonesia mampu mewujudkan masyarakat yang literat. Salam literasi #BankSinarmas #TamanBacaan #TBMLenteraPustaka

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

/* */