Atasi Problem Klasik Relawan, TBM Lentera Pustaka Buka Kopi Lentera

Tempat ngopi kian menjamur di mana-mana. Ngopi udah jadi gaya hidup, bahkan kebiasaan buat sebagian orang. Tapi di mana ada tempat ngopi yang literat? Tempat ngopi dan nongkrong sambil membaca buku. Ada, namanya Kopi Lentera di Kaki Gunung Salak bogro.

 

Bismillah, insya Allah Minggu 5 Mei 2024 ini, KOPI LENTERA mulai soft opening. Sebauh tempat ngopi dan nongkrong berkonsep literasi. Tempatnya di Rooftop Baca Taman Bacaan Lentera Pustaka. Ngopi di sini, kalau siang view-nya Gunung Salak. Kalau malam, view-nya kota Bogor dengan nuansa lampu dari kejauhan. Di Kopi Lentera, bukan cuma ngemil atau ngopi tapi selalu ada buku di tiap mejanya. Buku-buku itu mau dibaca atau nggak, ya nggak masalah. Karena buku baik bila dibaca. Tapi bila dilihat pun bisa mengingatkan orang.

 

KOPI LENTERA ini dikelola oleh wali baca dan relawan Taman Bacaan Lentera Pustaka. Yah, hitung-hitung biar ada pemasukan buat ongkos atau jajan relawan dan wali baca. ┬áMereka sudah berdedikasi bantu TBM Lentera Pustaka tanpa pamrih. Berjuang menegakkan budaya membaca. Maka wajar, TBM Lentera Pustaka merintis “usaha kecil-kecilan” yang dikelola relawan dan wali baca. Syukur-syukur banyak pengunjungnya, kan lumayan buat motivasi. Nggak penting berapa modal yang disiapkan Pendiri TBM Lentera Pustaka untuk Kopi Lentera? Asal niatnya baik, ikhtiarnya bagus insya Allah jadi ladang amal. Sebagai pendiri TBM Lentera Pustaka, saya selalu memikirkan kelanjutan TBM Lentera Pustaka ke depan. Karena saya hanya seminggu sekali berada di TBM. Jadi sangat tergantung pada relawan dan wali baca yang bantu dengan sepenuh hati, untuk menjalankan semua aktivitas literasi yang ada di TBM Lentera Pustaka. Apalagi TBM Lentera Pustaka beroperasi 6 hari dalam seminggu, kecuali hari Senin saja.

 

Maka untuk penikmat kopi. Yukk mampir ke Kopi Lentera di TBM Lentera Pustaka, Utamanya saat meintas atau berada di sekitar Kaki Gunung Salak Bogor. Mampir ke KOPI LENTERA, biar bisa ngopi sambil membaca buku. Bahkan bila hari Minggu bisa ikutan aktivitas di TBM Lentera Pustaka atau mengajar kaum buta aksara. Minimal, ngopi sambil diskusi atau menikmati musik yang tematik. Sekaligus jadi wujud kepedulian terhadap gerakan literasi dan taman bacaan. Ohh ya, untuk sementara waktu Kopi Lentera jam bukanya baru hari Jumat, Sabtu dan Minggu mulai pukul 10.00-21.00 WIB.

 

Bismillah, Kopi Lentera siap beroperasi. Dan semoga menghadirkan “senyum berkah” untuk relawan dan wali baca yang mengelolanya. Kopi Lentera, kafenya pegiat literasi di kaki Gunung Salak Bogor. Salam literasi #KopiLentera #TamanBacaan #TBMLentetaPustaka

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *