Apa Beda 100 Ribu Dulu dan Sekarang? Renungan untuk Calon Pensiunan

banner 120x600
banner 468x60

Sejarah peradaban membuktikan, yang namanya biaya hidup itu bukan makin kecil tapi gede. Dulu uang Rp. 100.000 bisa buat beli lemari. Tapi sekarang Rp. 100.000 cuma cukup buat dua kali ngopi. Apalagi sampai masa pensiun, sudah pasti biaya hidup makin gede. Jadi, jangan pernah mengira biaya hidup makin menyusut dari waktu ke waktu.

Mungkin ada yang berpikir. Harusnya saat pensiun, seorang pekerja biaya hidupnya makin kecil. Karena sudah tidak perlu transportasi ke kantor, tidak ada anak yang disekolahin, bahkan gaya hidup sudah berkurang. Ternyata tidak, justru biaya hidup tetap gede karena diganti biaya kesehatan, biaya perawatan rumah, mungkin biaya asisten rumah tangga bahkan usia yang panjang pun butuh biaya yang tidak kecil.

banner 325x300

Pastinya biaya hidup di masa pensiun makin gede. Apalagi data terbaru Biro Pusat Statistik yang menyebut bahwa usia harapan hidup (UHH) orang Indonesia terus meningkat setiap tahunnya, sekarang ini berada di 73 tahun. Bila kita pensiun di usia 55 tahun, maka masih ada 18 tahun masa kehidupan yang harus dijalani. Tanpa punya gaji tapi biaya hidup semakin gede, terus mau ngapain dong? Maka suka tidak suka, persiapan masa pensiun harus dilakukan sejak sekarang. Mumpung masih ada waktu, mumpung masih bekerja. Agar tetap mampu membiayai kebutuhan hidup di masa pensiun, saat tidak bekerja lagi.

Fakta menyebutkan, 9 dari 10 pekerja di Indonesia hari ini tidak siap pensiun. Dan 7 dari 10 pensiunan di Indonesia pun mengalami masalah keuangan. Semuanya terjadi akibat tidak adanya persiapan untuk masa pensiun. Tidak mau menabung untuk hari tua saat masih bekerja. Maka wajar tingkat penghasilan pensiun (TPP) aktual di Indonesia saat ini hanya 10%. Artinya, dari semua kebutuhan hidup di masa pensiun hanya 10 persen saja yang bisa dipenuhi. Karena tidak punya uang, tidak ada dana yang cukup untuk hidup di masa pensiun.

Hidup di saat bekerja pasti berbeda dengan saat pensiun. Saat kerja masih punya gaji, masih kuat usaha lain, bahkan masih bisa pinjam sana-sini bila tidak punya uang. Tapi begitu pensiun, gaji sudah tidak ada, mau usaha pun terbatas. Mau pinjam pun bingung, mau ganti pakai apa kan sudah tidak punya gaji. Belum lagi masalah kesehatan yang datang tidak terduga. Bila mau jujur, sungguh mengerikan ila tidak punya persiapan untuk masa pensiun.

Urusan pensiun, tidak lagi bisa dianggap sepele. Apalagi dianggap “gimana nanti?”. Masa pensiun harus dipersiapkan, harus direncanakan. Mau seperti apa kita di masa pensiun, susah atau senang?

Maka salah satu cara yang dapat ditempuh agar nyaman di masa pensiun adalah menjadi peserta Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK). Dengan menyisihkan sebagian gaji menjadi iuran pensiun setiap bulan. Untuk dijadikan manfaat pensiun sebagai kesinambungan penghasilan di hari tua, saat tidak bekerja lagi. DPLK sangat penting, setidaknya 1) agar tidak jatuh miskin di masa pensiun, 2) tetap punya penghasilan di saat pensiun, dan 3) mampu mempertahankan gaya hidup seperti saat bekerja. Melalui DPLK, siapapun akan punya dana yang pasti untuk hari tua dan bisa mendapat hasil investasi yang optimal untuk memperbesar manfaat pensiunnya.

Memang, semua orang tahu tentang pensiun. Tapi tidak semua orang sudah siap untuk pensiun. Jadi, bagaimana kita bisa menikmati masa pensiun dengan tenang bila tidak didukung kesiapan dana yang memadai. Maka, yuk siapkan pensiun dari sekarang. Jangan tunda lagi, biar kerja yes pensiun oke.

Ingat, biaya hidup itu makin gede hingga pensiun. Usia pensiun pun makin panjang. Apakah kita sudah punya bekal yang cukup untuk hari tua, saat tidak bekerja lagi? Salam #YukSiapkanPensiun #EdukasiDPLK #DanaPensiun