Wujudkan Sentra Literasi yang Nyaman, TBM Lentera Pustaka dan Bank Sinarmas Revitalisasi Kebun Baca

Sebagai upaya mewujudkan sentra literasi yang nyaman, TBM Lentera Pustaka di kaki Gunung Salak Bogor siap merevitalisasi kebun baca. Selain jadi tempat membaca buku di outdoor, kebun baca TBM Lentera Pustaka akan dioptimalkan menjadi sentra kegiatan literasi anak-anak dan warga. Di tanah seluas 310 meter persegi, nantinya revitalisasi kebun baca mencakup 1) pembuatan taman yang asri dan indah dan 2) perbaikan fasilitas panggung baca dan pemasangan paving blok.

 

Pembuatan taman di kebun baca TBM Lentera Pustaka akan mengubah lansekap kebun baca lebih asri dan nyaman. Ditandai dengan penanaman rumput, pohon dolar penutup tembok, bonsai cemara udang, bonsai anting putri, soka, lili paris, taiwan dan kolam portable. Sedangkan perbaikan fasilitas dengan membuat permanen panggung baca lebih kokoh, pemasangan paving blok, dan pengecoran meja. Di kebun baca ini, nantinya disiapkan pula lahan laboratorium tanam untuk tanaman tomat dan cabai. Perbaikan fasilitas ini akan melengkapi gudang buku, toilet, bangku-bangku baca, dan musholla yang sudah ada sebelumnya.

 

“Alhamdulillah, TBM Lentera Pustaka akhirnya bisa merevitalisasi kebun baca yang dimilikinya. Dananya akan di-support oleh Bank Sinarmas sebagai sponsor CSR korporasi dan perusahaan yang ikut membina aktivitas literasi dan taman bacaan. Hal ini sekaligus jadi bukti kolaborasi yang positif dalam menegakkan tradisi baca anak-anak, di samping cara menekan angka putus sekolah anak” ujar Syarifudin Yunus, Pendiri TBM Lentera Pustaka di Bogor.

 

Kenyamanan saat membaca buku menjadi spirit TBM Lentera Pustaka. Karena itu, membangun lingkungan dan suasana membaca yang nyaman menjadi penting dilakukan. Suka tidak suka, kenyamanan bisa jadi alasan seseorang atau anak-anak bertahan untuk tetap membaca buku. Maka, kenyamanan di taman bacaan seharusnya menjadi prioritas. Agar mampu mengunddang daya tarik anak-anak untuk rajin membaca buku. Sekaligus menjadikan taman bacaan sebagai  tempat yang asyik dan menyenangkan.

 

Di kebun baca TBM Lentera Pustaka, nantinya diharapkan mampu menggiatkan tradisi baca dan budaya literasi masyarakat secara masif dan berkelanjutan. Ubah niat baik jadi aksi nyata. Salam literasi #TamanBacaan #PegiatLiterasi #TBMLenteraPustaka

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

/* */