Kata Pegiat Literasi: Ngopi Dulu Aja, Nggak Usah Terlalu Serius

banner 120x600
banner 468x60

Sahabat mungkin hampir lupa. Ngopi itu bukan karena tempatnya. Tapi asal sudah waktunya, ngopi dulu. Pagi siang sore atau malam, asal sudah waktunya tiba. Ngopi dulu sambil rileks sejenak. Jangan ngopi karena terpaksa, apalagi sedang benci.

Banyak yang menyangka, ngopi itu sekadar minuman. Salah besar, ngopi itu gaya hidup yang mampu memberi pelajaran. Karena kopi tidak pernah berdusta atas nama rasa. Pahit ya pahit, manis ya manis. Bahkan pada secangkir kopi, yang hitam tidak selalu kotor. Manis tidak selalu bahagia. Seperti hidup, rasa kopi pahit dan manis itu biasa. Tinggal cara kita menyikapinya saja.

banner 325x300

Orang-orang yang suka ngopi, punya kelebihan tanpa perlu dibicarakan. Punya kekurangan pun tidak usah diperdebatkan. Biasa saja, namanya juga hidup. Pasti ada lebih dan kurang. Karena tidak ada manusia yang sempurna. Jadi, ngopi dulu saja. Nikmati tiap teguk secangkir kopi. Asal sudah waktunya tiba, ngopi dulu.

Musim pilpres begini, tidak usah terlalu fanatik. Apalagi sampai merendahkan orang lain. Biasa saja, bila suka tinggal coblos. Bila tidak suka ya jangan dicoblos. Seperti kaum penikmat kopi juga begitu. Asal sudah waktunya ngopi. Saat pesan kopi, pelayannya jutek atau santun tidak masalah. Tidak usah gelisah, yakinlah apa yang kita perbuat pasti akan kembali kepada kita. Kita baik ya akan baik selanjutnya. Kita jahat ya akan jahat seterusnya. Sederhana sekali.

Memang harus hati-hati. Saat ngopi, ada saja orang jahat yang berbicara baik. Ada pula orang yang tidak punya aksinya tapi bilangnya sudah berbuat banyak. Karena penikmat kopi kadang pandai merekayasa cerita. Bahkan tidak sedikit kaum penikmat kopi rajin bergibah. Berbeda dengan kopi yang selalu apa adanya. Karena kopi yakin, akan menemukan penikmatnya sendiri. Kopi pahit atau manis pasti ada yang memesannya.

Seperti kata pegiat literasi TBM Lentera Pustaka di kaki Gunung Salak Bogor. Ngopi aja dulu, asal sudah waktunya. Nggak usah terlalu serius. Nggak usah resah apalagi gelisah. Asal waktunya tiba, ngopi dulu saja. Karena aroma khas kopi begitu menenangkan penikmatnya. Rileks dan mencerahkan. Karena dalam hidup, tidak ada soal yang serius apalagi membelenggu. Karena apapun yang terjadi semua sudah kehendak-Nya.

Ngopi dulu saja, biar tetap apa adanya bukan ada apanya. Sambil bersyukur atas karunia Allah SWT. Salam literasi #PegiatLiterasi #BacaBukanMaen #TBMLenteraPustaka

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *