Aktivitas Seru TBM Lentera Pustaka Pasca Idul Fitri 2024

banner 120x600
banner 468x60

Setelah lebaran atau Idul Fitri 2024, TBM Lentera Pustaka di kaki Gunung Salak Bogor menggelar beragam aktivitas seru dan menyenangkan di taman bacaan. Tujuannya sederhana, untuk menjaga komitmen dan konsistensi dalam berkegiatan di literasi dan taman bacaan. Demi tegaknya budaya membaca di kalangan anak-anak usia sekolah di kampung-kampung. Karena saat ini, TBM Lentera Pustaka telah menadi pilihan tempat membaca bagi anak-anak Desa Sukaluyu, Tamansari, Sukajaya, Sukajadi di Kec. Tamansari (4 dari 8 desa di Kec. Tamansari, anak-anaknya menjadi pembaca aktif di TBM Lentera Pustaka).

 

banner 325x300

Apa saja aktivitas TBM Lentera Pustaka setelah lebaran tahun 2024)?

Setelah libur lebaran, TBM Lentera Pustaka baru beroperasi kembali pada Minggu, 21 April 2024. Nah, beragam aktivitas seru dan menyenangakan diantaranya:

  1. Green Harmoni 2024 dalam rangka memperingati Hari Bumi oleh mahasiswa BEM Faperta IPB dengan melakukan penanaman pohon dan menggambar alam pada 21 April 2024 di Kebun Baca Lentera Pustaka.
  2. Pengajian bulanan Yatim dan Jompo Binaan sekaligus memberikan santunan bulanan yang dihadiri 12 anak yatim dan 14 ibu jompo pada Sabtu, 27 April 2024.
  3. Halal Bihalal TBM Lentera Pustaka sebagai sarana membersihkan hati dan saling bermaafan yang dihadiri 60 anak pembaca aktif dan 40 ibu orang tua pengantar pada 28 April 2024 pagi.
  4. Aktivitas GErakan BERantas BUta aksaRA (GEBERBURA) yang diikuti 4 ibu buta aksara pada 28 April 2024 siang dan diajar 8 orang wali baca + relawan.
  5. Literasi Digital anak-anak TBM yang belajar komputer dan mengetik tugas sekolah sebagai bagian edukasi pentingnya literasi digital pada 28 April 2024 siang.
  6. MOtor BAca KEliling (MOBAKE) yang beroperasi ke Kp. Gadog Tengah Desa Sukajadi dan sekitar 20 anak usia sekolah yang membaca di lapangan bulutangkis pada 28 April 2024 sore.
  7. Rapat koordinasi wali baca dan relawan TBM Lentera Pustaka terkait agenda dan program 2 bulan ke depan (Mei-Juni 2024) diantaranya: Event Perpusnas RI, MNC Peduli, Bank Sinarmas, Chubb Life, BEM Faperta IPB, dan rencana soft opening KOPI LENTERA di awal Mei 2024. Rapat koordinasi dihadiri Susi, Zhia, Ai (Wali Baca) dan Resa, Farida, Fadil, Sabda, Rere, Andra (Relawan) dan Pendiri TBM Lentera Pustaka.

Beragam aktivitas seru menyiratkan TBM Lentera Pustaka bertekad menjadikan taman bacaan sebagai tempat yang asyik dan menyenangkan. Menjadi sentra permberdayaan Masyarakat, baik aktivitas membaca, diskusi, maupun nongkrong yang literat.

Untuk diketahui, sejak berdiri 7 tahun lalu, TBM Lentera Pustaka kini mengelola 15 program literasi yaitu 1) TABA (TAman BAcaan) dengan 130 anak pembaca aktif dari 4 desa (Sukaluyu, Tamansari, Sukajaya, Sukajadi), 2) GEBERBURA (GErakan BERantas BUta aksaRA) dengan 9 warga belajar, 3) KEPRA (Kelas PRAsekolah) dengan 40 anak usia prasekolah, 4) YABI (YAtim BInaan) dengan 14 anak yatim yang disantuni dan 4 diantaranya dibeasiswai, 5) JOMBI (JOMpo BInaan) dengan 12 jompo usia lanjut, 6) TBM Ramah Difabel dengan 2 anak difabel, 7) KOPERASI LENTERA dengan 28 kaum ibu agar terhindar dari jeratan rentenir dan utang berbunga tinggi, 8) DonBuk (Donasi Buku), 9) RABU (RAjin menaBUng), 10) LITDIG (LITerasi DIGital) untuk mengenalkan cara internet sehat, 11) LITFIN (LITerasi FINansial), 12) LIDAB (LIterasi ADAb),  13) MOBAKE (MOtor BAca KEliling) yang sediakan akses bacaan di 3 kampung, 14) Rooftop Baca, dan 15) Berantas Buta Aksara Al Quran. Di dukung oleh 6 wali baca dan 12 relawan, TBM Lentera Pustaka kini beroperasi 6 hari dalam seminggu dan memiliki koleksi lebih dari 10.000 buku bacaan.

 

Ini jadi bukti, gerakan literasi dan taman bacaan memang harus terus bergerak. Salam literasi #TBMLenteraPustaka #TamanBacaan #BacaBukanMaen

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *