Kenalkan Fungsi Bank, Anak TBM Lentera Pustaka Sambangi Kantor Bank Sinarmas

banner 120x600
banner 468x60

Literasi keuangan sangat penting ditanamkan sejak dini ke anak-anak usia sekolah (sesuai amanat OJK – https://sikapiuangmu.ojk.go.id/). Agar tiap anak punya pengetahuan dan pengalaman keuangan sehingga terbentuk menjadi kebiasaan menabung dan mengelola keuangan untuk masa depannya. Selain mengenal arti uang, literasi keuangan pun berguna untuk membentuk kebiasaan anak menabung, mengutamakan kebutuhan daripada keinginan, bahkan nilai-nilai berbagi kepada sesama.

 

banner 325x300

Sebagai bagian untuk mengenal funsi bank dan memperkuat literasi finansial, Vanesa (kelas 5 SD) dan Putri Aulia (kelas 3 SD), dua anak pembaca aktif TBM Lentera Pustaka berkunjung ke kantor Bank Sinarmas cabang Ciomas hari ini (2/5/2024). Mau ngapain anak sekolah ke bank? Tujuannya 1) untuk untuk mengambil Buku Tabungan SIMPEL yang sudah ada dan 2) menyetor kelengkapan dokumen untuk 16 anak yang akan membuka tabungan SIMPEL. Diantar oleh wali baca (Susi, Resa, Dilla), maka nantinya sudah 36 anak pembaca aktif TBM Lentera Pustaka memiliki Tabungan SIMPEL.

Selain membaca buku, anak-anak TBM Lentera Pustaka juga menabung di celengan kaleng setiap kali jam baca seminggu 3 kali. Nah nantinya, setelah dua bulan, uang Tabungan di celengan akan disetor ke rekening Tabungan SIMPEL dengan cara dijemput oleh petugas Bank Sinarmas. Hal menjadi bukti, taman bacaan bukan hanya membangun budaya membaca anak. Tapi juga mampu menjalan edukasi literasi finansial khususnya menabung di bank. Sebagai mitra CSR, Tabungan SIMPEL Bank Sinarmas ini menjadi contoh kolaborasi apik antara taman bacaan dan bank.

 

Sebagai bank swasta nasional, Bvank Sinarmas berkomitmen dan peduli untuk menyediakan akses perbankan ke anak-anak usia sekolah. Karena itu, Tabungan SIMPEL bagi anak-ank TBM Lentera Pustaka telah diluncurkan sejak Februari 2024 lalu. Sebagai bagian pendidikan pentingnya menabung dan mengelola uang dengan bijak. Selama ini Bank Sinarmas pun melakukan edukasi keuangan secara rutin dua bulanan di  TBM Lentera Pustaka, di samnping menjadi sentra kegiatan CSR.

 

“Kami senang anak TBM Lentera Pustaka berkunjung ke kantor Bank Sinarmas. Ini menjadi kolaborasi literasi keuangan yang baik. Agar anak-anak mau menabung sejak dini, di samping tetap membaca buku di taman bacaan. Tentu, Tabungan SIMPEL ini sangat bermanfaat untuk kebutuhan anak-anak nantinya” ujar Retno Tri Wulandari, Corporate Secretary Bank Sinarmas dalam keterangannya.

 

Sebagai taman bacaan yang telah berdiri sejak 7 tahun lalu, TBM Lentera Pustaka terus mengoptimalkan program literasi finansial. Selain Tabungan SIMPEL, saat ini TBM Lentera Pustaka juga mengelola koperasi simpan pinjam untuk 28 ibu-ibu dan Minggu ini akan meluncurkan Kopi Lentera, kafenya pegiat literasi sebagai cara pemberdayan ekonomi untuk wali baca dan relawan taman bacaan.

 

Kunjungan anak taman bacaan ke kantor Bank Sinarmas ini menjadi simbol pentingnya sinergi pihak swasta dalam ikut serta menggerakkan minat baca anak, di samping penanaman literasi keuangan sejak dini. Untuk mengajarkan aktivitas positif anak di tengah gempuran era digital. Salam literasi #BankSinarmas #TBMLenteraPustaka #BacaBukanMaen

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *